Aneka Resep Kehidupan

Nutrisi Kaya Hikmah untuk Kebutuhan Jiwa Anda

Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadlan 1445 H / 2024?


Photo by David Besh on Pexels.com

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang memiliki keutamaan seperti 1000 bulan. Banyak orang yang kepo tentang kapan waktu kedatangannya. Nah, berhubung saya punya sedikit informasi tentang bagaimana memprediksi waktu kedatangannya, maka akan saya share di artikel ini. Semoga bermanfaat.

Para Ulama-Ulama terdahulu telah bermurah hati mau membagikan pengalamannya ketika bertemu atau menyaksikan malam Lailatul Qadar dari tahun ke tahun. Dari pengalamannya menyaksikan malam Lailatul Qadar itu maka dibuatlah rumus / pola waktu kedatangannya yang ternyata ditentukan oleh hari awal Ramadlan itu sendiri. Salah satu Ulama yang membuat rumusan ini adalah Imam Al-Ghazali.

Menurut Imam Al-Ghazali, malam Lailatul Qadar bisa diprediksi sejak awal puasa Ramadlan. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Jika awal puasa adalah hari Ahad/Rabu maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-29
  • Jika awal puasa adalah hari Senin, maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21
  • Jika awal puasa adalah hari Selasa/Jum’at, maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27
  • Jika awal puasa adalah hari Kamis, maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-25
  • Jika awal puasa adalah hari Sabtu, maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-23

Begitulah rumusan tentang kapan waktu kedatangan malam Lailatul Qadar versi Imam Al-Ghazali. Adapun kebenarannya silahkan buktikan sendiri.

Oh, ya. Berhubung awal puasa tahun ini adalah Selasa, berarti perkiraan datangnya malam Lailatul Qadar adalah malam ke-27 atau hari Sabtu malam (tanggal 06 April 2024) hingga Minggu pagi (tanggal 07 April 2024).

Tinggalkan komentar

Navigasi

Contact Telegram: @AlwaysFullBrake

Kategori

“Hidup adalah permainan yang butuh keseriusan.”