Aneka Resep Kehidupan

Nutrisi Kaya Hikmah untuk Kebutuhan Jiwa Anda

Manajemen Syaraf: Meraih Taqwa dengan Kesadaran Penuh


Photo by Pixabay on Pexels.com

    Sistem syaraf memiliki peranan yang sangat penting dalam mengendalikan tubuh manusia untuk “berbuat” atau “tidak berbuat”. Dalam hal ini Anda memegang kendali penuh. Namun pada akhirnya semua akibat dari perbuatan Anda akan kembali pada diri Anda sendiri, yakni kembali kepada sistem syaraf itu sendiri, yang merupakan pelaku dibalik “operasi senyap” dalam tubuh Anda.

    Ketika Anda berbuat kebaikan, kebaikan itu akan mendatangkan ketenangan bagi Anda. Ketenangan ini akan membuat kinerja sistem syaraf Anda juga semakin baik. Akibatnya, tubuh Anda akan berada dalam keadaan yang semakin optimal, sehat wal Afiat.

    Sebaliknya, ketika Anda berbuat keburukan, keburukan itu akan mendatangkan kegelisahan. Dan kegelisahan ini akan membuat kinerja sistem syaraf Anda memburuk. Akibatnya, tubuh Anda akan berada dalam keadaan yang semakin memburuk (bisa dalam bentuk stress dan mudah terserang penyakit).

    Jadi, jika Anda ingin memiliki tubuh yang “baik-baik saja” (maksud saya: bahagia, ceria, sehat, dan aman sentosa alias bebas penyakit –terutama penyakit kronis) maka, Anda perlu melakukan pengaturan terhadap sistem syaraf tubuh Anda untuk selalu berada dalam keadaan tenang. Pengaturan sistem syaraf ini saya sebut: Manajemen Syaraf. Dan caranya adalah dengan cara berbuat benar. Karena hanya perbuatan benar yang dapat mendatangkan ketenangan.

    Manajemen syaraf adalah sebuah manajemen yang mengharuskan Anda untuk sadar secara penuh tentang resiko dari tindakan Anda terhadap sistem syaraf. Terlepas apakah tindakan tersebut benar atau salah, akan tampak pada kondisi tubuh Anda yang merupakan respon sistem syaraf terhadap tindakan yang telah Anda pilih.

    Kita seringkali dihadapkan oleh perkara/tindakan/perbuatan yang baik dan buruk. Dan setiap pilihan memiliki dampak yang serius terhadap sistem syaraf. Dan karena tubuh kita ditopang oleh sistem syaraf, maka apapun yang menimpa sistem syaraf kita akan berdampak pada tubuh kita.

    Itulah sebabnya perintah Taqwa sangat ilmiah. Karena di dalamnya ada perintah yang jika dikerjakan akan mendatangkan ketenangan. Juga, di dalamnya terdapat larangan yang jika ditinggalkan akan memperoleh ketenangan.

    Tenangkan sistem syaraf Anda dengan mengikuti kebenaran, maka aneka ragam kebaikan dalam hidup akan mendatangi Anda, cepat atau lambat.

    Selamat bertaqwa.

    Tinggalkan komentar

    Navigasi

    Contact Telegram: @AlwaysFullBrake

    Kategori

    “Hidup adalah permainan yang butuh keseriusan.”