Aneka Resep Kehidupan

Nutrisi Kaya Hikmah untuk Kebutuhan Jiwa Anda

Efek Samping Dosa (2)

leave a comment »


Pada postingan saya yang kemarin pagi, saya utarakan beberapa efek samping (dampak buruk) dari dosa, namun tanpa satu dalil pun. Sebab itu, di postingan -lanjutan- ini saya akan tuliskan dua buah dalil yang sangat jelas tentang dampak yang ditimbulkan dari dosa. Dan dalil ini diambil dari al-Qur’an dan ada juga yang diambil dari Hadits:

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka itu disebabkan oleh perbuatanmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30)
Adapun dalil dari hadits adalah sebagai berikut:

“Jauhkanlan dirimu dari dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa kecil tersebut akan berkumpul pada diri seseorang sehingga membinasakannya.”

Rasulullah saw. mengumpamakan dosa-dosa kecil tersebut seperti kaum yang turun di tanah lapang, lalu mereka melakukan sesuatu. Salah seorang pergi dan kembali dengan membawa sepotong kayu, demikian juga yang lain. Begitu seterusnya, hingga terkumpul kayu dalam jumlah yang banyak, lalu mereka menyalakan api dan memasak apa yang mereka muntahkan ke dalam api tersebut. (HR. Ahmad)

Selain dalil-dalil di atas, ada juga dalil lainnya. Namun saya rasa hal itu sudah cukup jelas. Karena, pengetahuan dan kemampuan kita dalam bahasa Indonesia sepertinya sudah lebih dari cukup untuk memahami beberapa kalimat pernyataan di atas. Percayalah, kebenaran itu selalu mengandung kesederhanaan. Dan hanya orang-orang yang mau menerimanyalah yang bisa memahaminya.

Selalu ada cara yang mudah untuk mempercayai kebenaran.
There is always a simple way to believe the truth.

Iklan

Written by Amir

9 Januari, 2010 pada 05:57

Ditulis dalam Renungan

Tagged with , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: